Cara Menyembuhkan Luka Pada Penderita Diabetes

Penderita diabetes pada tahap lanjut biasanya akan menderita luka di bagian kakinya, Luka ini menjadi hal yang menakutkan karena luka akan sulit untuk sembuh sampai akhirnya harus diamputasi. Awalnya luka yang terbentuk tergolong ringan dan belum merusak keseluruhan jaringan. Namun lama kelamaan luka tersebut berkembang menjadi gangren atau luka memborok yang sulit di sembuhkan, perkembangan luka tersebut di  pengaruhi oleh kadar gula darah tingg dalam tubuh penderita. 

Cara Menyembuhkan Luka Pada Penderita Diabetes
Diabetes terjadi akibat gula darah tinggi, kondisi tersebut di sebabkan oleh gangguan pada organ pankreas yang bertugas untuk memproduksi insulin. Darah akan dipenuhi dengan gula yang gagal dimanfaatkan tubuh, tugas dari hormon insulin sendiri adalah untuk mengubah kadargula darah menjadi energi dan cadangan makanan.

Apa saja tanda dari luka diabetes tersebut?

Biasanya sebelum terjadinya luka, anda akan merasa kesemutan pada kaki atau mati rasa. Kadar gula yang tinggi membuat bakteri leluasa berkembang biak pada luka tersebut sehingga luka menjadi borok atau gangren. Kondisi ini diperparah oleh metabolisme tubuh yang terganggu akibat gula darah tinggi, Kaki tidak mendapatkan aliran darah yang cukup sehingga jaringan syaraf di sekitarnya mengalami kerusakan dan proses penyembuhan luka menjadi lambat. * Cara Menyembuhkan Luka Pada Penderita Diabetes

Banyak orang yang berpikir bahwa pemberian antibiotik dapat membunuh bakteri penyebab luka membusuk tersebut namun ternyata anggapan itu SALAH karena bakteri menyebar ke sistem peredaran darah, bakteri merusak berbagai jaringan dalam tubuh sehingga meskipun di beri antibiotik hanya akan membunuh sebagian bakteri saja dan sebagiannya lagi akan terus berkembang. Petugas medis atau dokter menyarankan amputasi untuk mencegah kuman agar tidak menyebar lebih luas lagi.

Lalu Bagaimana Cara Menyembuhkan Luka Pada Penderita Diabetes ?



Memang agak sulit untuk menyembuhkan luka busuk pada penderita diabetes, karena jaringan-jaringan syaraf di kaki yang sudah rusak akan menyebabkan proses penyembuhan terhambat. Selain itu terganggunya aliran darah akibat gula darah tinggi mengakibatkan kurangnya oksigen ke bagian kaki yang luka.

Dalam studi ilmiah yang meneliti luka diabetes, Fakta menyebutkan bahwa 30% penderita luka diabetes kakinya harus diamputasi.

  • Salah satunya adalah dengan menggunakan jahe, caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu memarut jahe tersebut dan balurkan parutan jahe ke bagian luka diabetes. Namun, pertama-tama bersihkanlah luka Anda terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Menggunakan daun sedunduk yang merupakan tanaman liar dan biasanya tumbuh di sekitar pohon kelapa. Cara pakainya : Ambilah daun senduduk lalu kunyah atau tumbuk daun tersebut dan balurkan ke luka diabetes Anda.

Fakta Buah Nanas Untuk Mengobati Luka Diabetes


Indonesia sebagai negara penghasil nanas terbesar kelima di dunia, ternyata masih kurang dalam hal pemanfaatannya. Hal tersebut di ungkapkan oleh Dr. Debie Dahlia, staf pengajar di Fakultas Ilmu Keperawatan UI. Daerah penghasil nanas Indonesia tersebar di daerah Subang, Purwakarta, Palembang, dan Lampung. Debie melakukan penelitian terkait pemanfaatan enzim nanas untuk membantu penyembuhan luka diabetes dan dia mengatakan Enzim buah nanas mempunyai keunggulan karena kandungan anti-inflamasi yang dibutuhkan oleh penyandang diabetes yang mengalami gangguan di fase inflamasi dalam proses penyembuhan lukanya. * Cara Menyembuhkan Luka Pada Penderita Diabetes

Pada penelitiannya, Debie melakukan penelitian kepada tikus yang dirangsang agar menderita diabetes. Tikus normal dibuat diabetes dengan menyuntiknya streptozotocin (STZ). Satu minggu setelah disuntikkan baru diadakan pengobatan dengan enzim nanas. Penelitian tersebut membuktikan bahwa enzim nanas terbukti mampu mengobati luka diabetes dengan sempurna dalam waktu 12 hari. Source : Penelitian Enzim Nanas Untuk Luka Diabetes Di UI (Universitas Indonesia).

Tahukah anda?? Bahwa ternyata di Indonesia, angka terjadinya amputansi akibat luka diabetes masih sangat tinggi. Maka dari itu penderita diabetes harus menjaga kadar gula daerahnya dengan diet rendah karbohidrat, rendah gula dan juga olah raga. Debie juga menyarankan agar penderita diabetes menghindari diri dari luka terutama luka pada kaki "Karena jika sekali saja terjadi luka maka akan mudah terinfeksi, bakteri mudah masuk dan berkembang biak di daerah luka". 

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengobati luka diabetes. Selain cara di atas, saya juga rekomendasikan produk kesehatan yang mampu mengobati luka diabetes secara efektif yaitu dengan jelly gamat qnc. Untuk Penjelasan lengkapnya, Baca Disini >> Tips Sehat Mengatasi Luka Gangren

Demikian artikel mengenai cara menyembuhkan luka pada penderita diabetes, semoga artikelnya bermanfaat. Silahkan baca juga artikel saya lainnya. 




Post By.


Terimakasih banyak sudah berkunjung, Semoga Anda Senang Dengan Artikel Saya. Tunggu Artikel Saya Selanjutnya. :-)

Cara Menyembuhkan Luka Pada Penderita Diabetes

Anda sudah membaca postingan artikel tentang Cara Menyembuhkan Luka Pada Penderita Diabetes. Terimakasih atas kunjungannya ke situs www.obatmaagkronisplus.com, Semoga artikel yang kami sajikan dapat bermanfaat - Sumber: http://www.obatmaagkronisplus.com/2016/05/cara-menyembuhkan-luka-diabetes.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar