Bahaya Penyumbatan Pembuluh Darah

Sudah tahukah anda mengenai bahaya penyumbatan pembuluh darah? jika belum, pada kesempatan kali ini saya akan membahasnya. Pembuluh darah merupakan salah satu bagian dari sistem sirkulasi darah yang sebagai tempat darah mengalir. Terdapat 3 jenis pembuluh darah dalam tubuh manusia diantaranya pembuluh arteri, vena dan aorta. Pembuluh darah dapat mengalami gangguan kesehatan salah satunya adalah penyumbatan yang dalam ilmu kedokterannya di kenal dengan sebutan Atheroclerosis. Kondisi ini mengakibatkan aliran darah terhambat sehingga organ tubuh seperti otak dan jantung dapat mengalami kerusakan.


Bahaya Penyumbatan Pembuluh Darah Menurut Para Ahli

Penyumbatan pembuluh darah yang tersebut bisa berakibat sangat fatal atau berujung kematian, mulai dari memicu timbulnya stroke hingga serangan jantung yang mematikan. Menurut Dr. M. Abbas, Sp.JP yang merupakan kardiologis dari Omni Hospitals mengatakan bahawa penyumbatan pembuluh darah dapat mengakibatkan kurangnya pasokan da­rah pada otot jantung. Dampaknya menyebabkan rasa nyeri yang hebat pada area dada atau di kenal dengan Angina Pectoris dalam dunia medisnya, kondisi ini dapat berujung pada kematian mendadak.

"Sementara itu, penyumbatan yang terjadi pada bagian leher hingga otak akan memicu penyakit stroke bahkan penyumbatan juga dapat terjadi pada daerah kaki (claudicasio) dan juga ginjal yang memicu terjadinya gagal ginjal".

Apa yang menjadi penyebab tersumbatnya pembuluh darah?

1. Kadar kolesterol LDL sangat tinggi, kolesterol berasal dari makanan yang anda konsumsi sehari hari terutama daging atau makanan berlemak lainnya. Selain asupan makanan, faktor keturunan juga bisa menyebabkan seseorang memiliki kadar LDL tinggi.
2. Merokok dapat menyebabkan timbulnya penyumbatan pembuluh darah, kondisi ini terjadi akibat radikal bebas dari asap rokok dapat mengendap pada pembuluh darah dan lama kelamaan akan mengeras sehingga terjadi sumbatan pada pembuluh darah.
3. Hipertensi, Semakin tinggi tekanan darah seseorang maka gesekan aliran darah dengan dinding pembuluh darah akan semakin tinggi. Akibatnya dinding pembuluh darah lecet yang menyebabkan peradangan (inflamasi), penebalan serta berakhir pada pengapuran.
4. Menderita diabetes, Penyakit yang satu ini menyebabkan seseorang mengalami gangguan kesehatan berupa peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Diabetes juga menyebabkan kerusakan endotel (disfungsi endot) sehingga plak akan lebih cepat terbentuk.
5. Stres, Ketika seseorang stress maka terjadi peningkatan hormon ‘kortisol’ yang melebihi batas normal maka dapat menyebabkan peningkatan kadar LDL dalam darah.

Namun yang menjadi penyebab utama dari penyumbatan pembuluh darah adalah kolesterol tinggi, ketika tubuh kelebihan kadar kolesterol maka kolesterol tersebut akan mengendap pada dinding pembuluh darah dan lama - kelamaan endapan tersebut semakin banyak dan mengeras sehingga aliran darah menjadi terhambat. Lalu apa saja dampaknya bagi tubuh kita juga aliran darah terhambat?

Berikut Ini Bahaya Penyumbatan Pembuluh Darah Bagi Tubuh



Kurangnya pasokan darah akibat pembuluh darah tersebut menyebabkan kerusakan sel pada organ tubuh sehingga fungsinya tidak dapat berjalan dengan baik. Contoh apabila otak kekurangan pasokan darah makan sel syaraf di otak akan mati akibatnya organ tubuh yang berkaitan dengan sel syaraf rusak tersebut menjadi tidak bisa di gerakan atau lumpuh.

Jika penyumbatan pembuluh darah terjadi pada organ jantung maka seseorang beresiko terkena serangan jantung. Hal tersebut di sebabkan oleh aliran darah ke jantung terhambat sehingga jantung tidak dapat berfungsi dengan baik dan terjadilah serangan jantung.

Dr Muhammad Munawar, SpJP (K) salah satu dokter dari RS Spesialis Jantung Binawaluya, Pasar Rebo, Jakarta menjelaskan gangguan jantung akibat tersumbatnya pembuluh darah disebut penyakit jantung koroner atau penyakit arteri koroner alias penyakit jantung iskemik. Penyempitan pada arteri koroner kiri (left main) merupakan kasus penyakit jantung koroner yang paling berbahaya karena jika terjadi sumbatan total dapat memicu serangan jantung dan kematian mendadak.

Penyumbatan pembuluh darah di ginjal dapat mengakibatkan adanya gangguan pada ginjal, sehingga menyebabkan fungsi ginjal mengalami penurunan sampai tidak dapat berfungsi sama sekali. Kondisi tersebut di kenal dengan sebutan gagal ginjal, jika sudah memasuki tahap parah dapat mengakibatkan kematian.

Merasakan nyeri pada bagian kaki, akibat penyumbatan pembuluh darah vena yang berada di kaki atau pembuluh darah arteri kaki (klaudikasio). Jika penyumbatan terjadi pada pembuluh darah vena maka seseorang akan mengalami varises. 

Disfungsi ereksi bisa menjadi tanda-tanda penyumbatan pembuluh darah. Sehingga apabila seorang pria tidak mampu melakukan ereksi, ada kemungkinan karena pembuluh darahnya yang tersumbat. Untuk mengatasi masalah ini, perlu menjaga gaya hidup yang baik seperti mengonsumsi makanan sehat, rajin berolahraga dan kurangi konsumsi makanan fast food atau cepat saji.

Itulah bahaya penyumbatan pembuluh darah, jadi bagi anda yang menderita penyakit di atas maka ada kemungkinan terjadi pentumbatan pada pembuluh darah anda. Segeralah lakukan penanganan sebelum terlambat. Berikut melancarkan aliran darah dan membuang sumbatan pada pembuluh darah.

Cara Mengatasi Dan Mencegah Penyumbatan Pada Pembuluh Darah


  • Perbanyak asupan gizi yang seimbang seperti pada sayuran dan buah-buahan.
  • Atur pola makan, jangan sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dan juga makanan dengan kadar glukosa yang sangat tinggi.
  • Rutin olahraga, Hal ini penting karena dapat melancarkan peredaran darah dan juga mampu melatih otot-otot sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.
  • Istirahat dengan cukup, idealnya anda harus tidur malam selama 8 jam per hari minimal 6 jam per hari. Tubuh kita sangat membutuhkan istirahat untuk mengembalikan kondisi tubuh agar di pagi hari menjadi bugar kembali.
  • Hindari stres, bukan tanpa alasan dengan stres semua sistem di dalam tubuh terganggu. Kondisi tersebut mengakibatkan seseorang kehilangan nafsu makan, susah tidur dan sebagainya yang dapat memicu pola hidup yang tidak sehat.

Selain beberapa hal di atas, disini saya juga rekomendasikan kepada anda produk kesehatan dari teripang laut yaitu jelly gamat qnc sebagai solusi pengobatan pembuluh darah yang tersumbat. Selain itu produk ini juga sangat berkhasiat dalam menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh yang merupakan penyebab utama penyumbatan pembuluh darah.


Hebatnya lagi, jelly gamat qnc ini tidak hanya terbuat dari teripang karena di kombinasikan juga dengan ekstrak buah dan juga sayuran yang sangat membantu dalam mengatasi penyumbatan pembuluh darah. Jika berminat memesan jelly gamat qnc, silahkan lihat caranya >> Disini (Cara Pemesanan)

Demikian artikel mengenai bahaya penyumbatan pembuluh darah yang dapat saya sajikan, semoga dapat bermanfaat.


Baca Juga Artikel Lainnya




Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikelnya sampai selesai, silahkan anda klik tombol share jika artikel ini bermanfaat. Hindari komplikasi akibat kolesterol tinggi dengan gaya hidup sehat dan hentikan kebiasaan merokok yang merupakan sumber penyakit.

Bahaya Penyumbatan Pembuluh Darah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar